10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia

10 Perusahaan Game dengan Penghasilan Terbesar di Duna — Untuk sebuah perusahaan pengembang game atau yang biasa disebut sebagai developer/publisher, pendapatan yang besar baik itu dari hasil penjualan game, distribusi, atau bahkan in-game advertisement nya tentu merupakan sebuah target yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan pengembang game.

Beberapa tahun terakhir bahkan beberapa nama publisher baru bermunculan dan berhasil mengembangkan game yang membuat mereka mendapatkan penghasilan yang fantastis dan semakin dikenal oleh banyak orang. Tencent Games sendiri bisa dibilang cukup berhasil meningkatkan pendapatan mereka beberapa tahun terakhir dengan mengembangkan dan mengakuisisi game-game terkenal di dunia, bahkan beberapa diantara game tersebut ada yang sampai masuk ke kompetisi eSports.

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb

Game Developer dengan Penghasilan Terbesar

Berikut ini WandiWeb merangkum beberapa nama perusahaan pengembang game dengan penghasilan terbesar di dunia saat ini. Peringkat dibawah ini didasarkan pada analisis laporan keuangan tahunan dan triwulanan yang diterbitkan oleh sejumlah perusahaan game yang terdaftar secara publik. Untuk perusahaan yang tidak membagikan data pendapatan game mereka, mungkin data yang dimuat akan sedikit berbeda. Pendapatan tersebut (GAAP) disajikan dalam bentuk Tahun Kalender, oleh karena itu tidak harus cocok dengan hasil Tahun Anggaran yang dilaporkan masing-masing perusahaan. Pendapatan tidak termasuk penjualan perangkat keras dan penjualan non-game lainnya. Perkiraan Microsoft, Sony, dan Nintendo mewakili semua pendapatan platform non-perangkat keras dari Xbox, Playstation, dan Nintendo (termasuk masing-masing pendapatan Xbox Live, PSN, dan Nintendo eShop)

Berikut adalah 10 daftar perusahaan developer game dengan penghasilan terbesar di dunia:

10. Square Enix

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb

Square Enix atau dalam bahasa Jepangnya adalah スクウェア・エニックス (dibaca "Sukuuea Enikkusu") merupakan perusahaan pengembang alias developer game terkenal asal Jepang yang pertama kali didirikan pada tahun 2003. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan game-game genre RPG seperti Final Fantasy serta Dragon Quest bukan? Nah, Square Enix inilah yang telah mengembangkan kedua game tersebut. Sebagai informasi, perusahaan ini sendiri merupakan gabungan antara dua perusahaan yaitu Square Co., Ltd. dan Enix yang kemudian melebur menjadi satu dengan nama baru yaitu Square Enix pada tanggal 1 April 2003. Untuk pendapatannya sendiri, Square Enix sudah berhasil mengumpulkan hingga $1,26 miliar dollar.

9. Ubisoft

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb

Ubisoft Entertainment S.A. adalah perusahaan developer game yang berbasis di Rennes, Perancis. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1986 dan hingga kini sudah memiliki sekitar 25 studio di 17 negara serta 26 anak perusahaan di 26 negara berbeda di seluruh dunia. Perusahaan yang juga pernah menjadi perusahaan pengembang game terbesar ke-4 di dunia pada tahun 2009 ini hingga sekarang sudah mengantongi pendapatan sekitar $1,35 miliar dengan menjual memproduksi dan menjual game-game seperti Assasin's Creed, Far Cry dan Prince of Persia.

8. Konami

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb

Pada posisi ke-8 adalah perusahaan pengembang game dari negara yang sama dengan Square Enix, yaitu Jepang. Konami Corporation pertama kali didirikan pada tahun 1969 di Ōsaka, namun kini memiliki kantor pusat di Tokyo, Jepang. Pendapatan dari Konami sendiri berdasarkan data terbaru adalah $3,24 miliar dollar, dan berhasil mengembangkan game-game seperti Metal Gear, PES, dan Silent Hill.

7. Electronic Arts (EA)

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb

Electronic Arts adalah salah satu perusahaan paling sukses sepanjang sejarah dan telah berhasil meraup keuntungan sekitar $4,14 miliar dollar dengan game-game mereka yang sukses dipasaran seperti Battlefield, FIFA, Medal of Honor, Command and Conquer dan masih banyak lagi. Perusahaan ini pertama kali di dirikan pada tahun 1982 oleh William M. Hawkins. Pada tahun 2008 sendiri perusahaan ini sudah memiliki karyawan sebanyak 8.000 orang yang bermarkas di Redwood City, California, namun selain menjadi salah satu perusahaan game yang paling sukses, EA juga menjadi perusahaan pengembang game yang paling banyak di kritik.

6. Bandai Namco

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb

Selain menjadi pengembang video game, Bandai Namco sendiri juga memproduksi anime, arkade, serta membuat taman hiburan, jadi tidak heran jika perusahaan ini berhasil menjadi salah satu perusahaan dengan penghasilan terbesar di dunia saat ini. Bandai Namco sendiri memiliki kantor pusat yang berada di distrik Shinagawa, Tokyo, Jepang dan hingga saat ini sudah memiliki cabang lain di Amerika Serikat yang pertama kali dibentuk pada tahun 2008. Untuk pendapatnnya sendiri, Bandai Namco hingga kini sudah berhasil mengantongi uang sebesar $4,74 miliar dollar dengan mengembangkan game-game seperti Tekken Series, Naruto Series, Ace Combat dll.


5. Activision Blizzard

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb

Activision, Inc. adalah perusahaan pengembang game asal Amerika Serikat yang didirikan pada tanggal 1 Oktober 1979 dan merupakan distributor pertama yang mengembangkan game-game untuk konsol. Game-game terbaik yang berhasil dikembangkan dan diproduksi oleh Activision antara lain adalah Warcraft, Diablo, Guitar Hero, Call of Duty Series dll. dan berhasil mendapatkan penghasilan sebesar $4,85 miliar dollar.

4. SEGA

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb 

Perusahaan ini bermarkas di Ōta, Tokyo, Jepang namun pertama kali didirikan pada tahun 1940 di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat. Perusahaan pengembang game yang satu ini bisa dibilang memiliki sejarah yang begitu panjang serta cerita yang tentunya sangat menarik untuk dibahas, namun mungkin akan terlalu panjang jika admin ulas disini, jadi untuk kamu yang penasaran silahkan tunggu saja pada post selanjutnya :). SEGA sendiri hingga saat ini sudah mendapatkan penghasilan sebesar $4,9 miliar dollar dan telah berhasil memasarkan game-game buatan mereka seperti Sonic, Virtua Tennis, The House of The Dead dll. Selain mengembangkan game, SEGA sendiri juga sangat terkenal sebagai perusahaan yang memproduksi perangkat-perangkat game seperti Saturn, Dreamcast serta beberapa produk console lainnya.

3.Nintendo

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb

Nintendo adalah perusahaan multinasional yang pertama kali didirikan pada tanggal 23 September 1889 dan berlokasi di Kyoto, Jepang. Perusahaan ini dibuat oleh Fusajiro Yamauchi dengan memproduksi kartu-kartu handmade berupa hanafuda (permainan kartu jepang). Nintendo hingga saat ini sudah menjadi salah satu perusahaan pengembang game yang sudah sangat populer dan dikenal telah memproduksi game-game fenomenal yang legendaris seperti Mario, Legend of Zelda, Donkey Kong, Pokemon dan masih banyak lagi. Untuk pendapatannya sendiri, Nintendo telah berhasil meraup keuntungan sebesar $6,28 miliar dollar.

2. Microsoft (Microsoft Game Studios)

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb 

Yah, sepertinya sudah bukan hal yang mengherankan lagi jika salah satu anak perusahaan Microsoft ini masuk sebagai salah satu pengembang game dengan penghasilan terbesar di dunia saat ini. Microsoft Game Studios (MSG) yang sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Game Division sebuah perusahaan pengembang game yang dimiliki oleh Microsoft sendiri, dan tentunya hampir seluruh game yang diproduksi oleh perusahaan ini adalah game yang ditujukan untuk platform PC (Windows) dan konsol buatan mereka, Xbox/Xbox 360. Untuk pendapatannya sendiri, MSG tercatat sudah meraup keuntungan sebesar $12,82 miliar dollar dan menjadi salah satu yang terkaya di dunia.

1. Sony Interactive Entertainment

10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia - WandiWeb


Sony Interactive Entertainment yang sebelumnya bernama Sony Computer Entertainment adalah perusahaan pengembang game terkaya hingga saat ini. Tercatat pendapatan yang diperoleh dari hasil pengembagan game mereka adalah sebesar $13,4 miliar dollar dan telah berhasil melahirkan game-game terbaik seperti God of War, Ace Combat dan masih banyak lagi. Selain sebagai pengembang video game, perusahaan yang pertama kali didirikan pada tahun 1993 yang bermarkas di Jepang ini juga memproduksi produk lain seperti console diantara lain adalah PlayStation series yang menjadi konsol game paling fenomenal di dunia.

Dari 10 developer dan publisher game yang ada di daftar tersebut, manakah diantaranya yang sudah kalian coba game buatannya? Ataukah bahkan ada diantara kalian yang berminat untuk cari kerja di perusahaan-perusahaan tersebut?

Belum ada Komentar untuk "10 Game Developer/Publisher dengan Penghasilan Terbesar di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel