Cara Convert File Audio (WAV, OGG, MP4A) ke MP3 di Audacity

Cara Merubah File Audio Berupa Musik dan Rekaman Suara Menjadi MP3 - Sebelum masuk ke pembahasan inti, sebaiknya kita berkenalan dulu dengan salah satu software audio manager terbaik saat ini menurut admin REDD, software yang admin maksud adalah software Audacity. Apa itu Audacity? Audacity merupakan sebuah software open-source yang bisa kamu jalankan di sistem operasi Windows, MacOS dan Linux. Software ini merupakan software yang dirancang untuk membantu proses perekaman suara alias recording audio serta dapat juga digunakan untuk melakukan editing audio. Software ini bahkan bisa kamu gunakan untuk men-convert atau merubah file audio seperti .wav .ogg .tiff dll menjadi file .mp3, selain itu software ini juga menyediakan fasilitas cut dan copy, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk memotong atau menggabungkan beberapa audio atau lagu dalam satu file mp3.

Cara Convert File Audio (WAV, OGG, TIFF) ke MP3 di Audacity - 30KBPS BLOG

Admin REDD pribadi sendiri sudah sering menggunakan software ini untuk membuat nada dering, menggabungkan 2 lagu menjadi satu file atau bahkan memotong lagu. Software ini juga cukup ringan sehingga dapat di jalankan di laptop atau PC dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Lalu, bagaimana cara merubah file audio seperti WAV, OGG dan lainnya menjadi file MP3? Hal ini sebenarnya sangatlah mudah, namun untuk converting audio ke MP3 di Audacity memerlukan codec tambahan yang disebut LAME Encoder. Nah, encoder inilah yang akan kita gunakan untuk merubah audio ke format mp3. Encoder LAME sendiri tidak terintegrasi di audacity atau bisa dibilang kita perlu men-downloadnya secara terpisah.

Cara Merubah Audio di Audacity Menjadi MP3
Baiklah, pertama yang harus kamu persiapkan tentunya adalah software Audacity itu sendiri, jika belum punya silahkan download terlebih dahulu, size untuk installernya hanya sekitar 20MB-an saja, jadi kamu tidak perlu repot-repot ke warnet atau ke wifi.id corner untuk men-download software ini.

Selanjutnya, pastikan kamu sudah menginstall plugin LAME, untuk cara install nya kamu harus men-downloadnya di situs resmi mereka. Untuk pengguna sistem operasi Windows, kamu bisa men-downloadnya DISINI, sedangkan untuk pengguna Mac OS silahkan KESINI untuk men-download.

Cara convert file ke MP3:
1. Jalankan software Audacity, kemudian klik Open atau Import dan pilih file audio yang akan kamu rubah ke format mp3 lalu tunggu hingga loading selesai.
Cara Convert File Audio (WAV, OGG, TIFF) ke MP3 di Audacity - 30KBPS BLOG
Source: WikiHow.com

2. 
Selanjutnya pilih Export Audio.
Cara Convert File Audio (WAV, OGG, TIFF) ke MP3 di Audacity - 30KBPS BLOG
Source: WikiHow.com

3. 
Isi properti file mp3 sesuai dengan keinginanmu, disini kamu bisa mengini nama artis, track, judul, tahun, genre dll (bebas).
Cara Convert File Audio (WAV, OGG, TIFF) ke MP3 di Audacity - 30KBPS BLOG
Source: WikiHow.com

4. Klik OK dan tunggu hingga proses 100%
Cara Convert File Audio (WAV, OGG, TIFF) ke MP3 di Audacity - 30KBPS BLOG
Source: WikiHow.com

Jika proses sudah berhenti di angka 100% maka itu tandanya file audio sudah berhasil dirubah ke format mp3.

Audacity Tidak Menemukan/Mendeteksi Encoder LAME?
Jika Audacity tidak mendeteksi LAME encoder dan meminta untuk menunjukkan lokasi file maka silahkan lakukan hal berikut:
  • Klik Browse dan navigasikan ke lokasi instalasi LAME encoder, untuk Windows biasanya terdapat di 'C:\program files\LAME For Audacity\' sedangkan di Mac OS biasanya terdapat di '/usr/local/lib/audacity/' dengan nama file "lame_enc.dll" untuk Windows dan "libmp3lame.dylib" untuk Mac OS.
  • Kemudian klik dua kali atau pilih Open.
  • Selesai.

Saya rasa penjelasan yang saya paparkan pada postingan kali ini sudah cukup jelas dan mudah dipahami. Namun jika kamu masih belum mengerti atau jika kamu memiliki pertanyaan yang ingin kamu sampaikan silahkan masukkan komentar kamu pada kolom komentar dibawah postingan ini. Sekian, terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kamu agar lebih banyak lagi yang tahu. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Convert File Audio (WAV, OGG, MP4A) ke MP3 di Audacity"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel