Mau Jadi HRD? Kenali Dulu Tugas-Tugas HRD
Mau Jadi HRD? Kenali Dulu Tugas-Tugas HRD — HRD atau Human Resources Development merupakan
divisi yang bertugas untuk mengatur dan mengurus segala kebutuhan perusahaan
seputar karyawan. Karyawan merupakan aset penting dalam sebuah perusahaan,
sehingga dibutuhkan staf khusus yang bertugas untuk menjaga aset tersebut.
Saat ini menjadi HRD tidak hanya melulu untuk
orang yang berlatar belakang pendidikan jurusan psikologi, asal dapat
mengerjakan tugas-tugas HRD dengan baik, maka orang tersebut dapat menjadi
HRD yang andal.
Nah, berikut ini adalah berbagai macam tugas
yang biasa nya dilakukan oleh seorang hrd :
1. Melakukan Rekrutmen Karyawan
Sudah menjadi agenda tahunan hingga bulanan bagi perusahaan-perusahaan tertentu untuk melakukan rekrutmen karyawan baru. Terutama bagi perusahaan swasta yang masih berkembang. Hal ini menjadi salah satu tugas pokok dari staf HRD.
Jika di era modern ini, HRD biasanya akan
membuat keterangan atau pengumuman pencarian karyawan baru secara online.
Sebagai staf HRD, anda perlu menulis posisi apa yang dicari, persyaratan, dan
tugas-tugas dari pekerjaan tersebut. Lalu unggah ke situs pencarian kerja
seperti Jobstreet, Karir.com, Loker.id, dan masih banyak lagi.
Staf HRD juga bertanggung jawab atas
penyeleksian berkas lamaran calon karyawan baru. Ada perusahaan yang mempercayakan
penyeleksian berkas awal sepenuhnya pada HRD, ada juga yang harus melalui
pertimbangan atasan. Hingga akhirnya HRD juga yang akan melakukan sesi
wawancara dan perekrutan jika pelamar memenuhi kriteria yang dicari.
2. Mengawasi Absensi dan Kinerja Pegawai
HRD bertanggung jawab atas absensi atau
kehadiran setiap karyawan. Jika ada karyawan yang tiba-tiba tidak masuk tanpa
keterangan, staf HRD wajib menghubungi karyawan tersebut untuk mencari tahu.
Karena hal tersebut sudah menjadi hak
perusahaan untuk mengetahui, di mana karyawannya ketika sedang jam operasional
kerja. HRD juga patut memberi teguran bagi pegawai yang seringkali datang
terlambat. Jika sampai ada pemberian Surat Peringatan (SP), HRD juga yang akan
membuat dan memberikan surat tersebut pada karyawan bersangkutan.
Sekarang absensi karyawan sudah bisa ditata
secara praktis dengan software berbasis online. Salah satu aplikasi HRD terbaik yang banyak digunakan perusahaan untuk tugas ini adalah LinovHR.
Aplikasi ini juga memiliki sistem payroll yang mensinkronkan absensi dengan
slip gaji.
3. Menciptakan Kondisi Kerja yang Kondusif
Salah satu tugas HRD yang cukup penting adalah
menciptakan kondisi kerja yang kondusif, HRD harus mampu mengendalikan setiap
situasi yang ada didalam perusahaan entah ketika perusahaan sedang mengalami
masalah atau tidak.
Oleh karena itu Divisi HR harus memiliki
sistem yang baik dan tetap memperhatikan karyawan dari setiap kebijakan yang
dikeluarkan perusahaan, agar tidak menimbulkan konflik dan situasi kerja yang
kondusif tetap terjaga.
Baca Juga : 5 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Divisi HRD
4. Menjadi Jembatan Antara Pegawai dan Atasan
Salah satu tugas HRD lainnya adalah menjadi
jembatan antara pegawai dengan atasan. Dalam sebuah perusahaan pastinya ada
kebijakan dan peraturan yang sering disesuaikan. Karyawan memiliki hak untuk
berpendapat jika peraturan tertentu dirasa memberatkan karyawan tanpa upah yang
sebanding.
Agar komunikasi berjalan dengan lebih layak
dan pantas, HRD harus tanggap dalam mendengar keluhan karyawan dalam forum
tertentu lalu menyampaikan aspirasi karyawan pada atasan perusahaan dalam
bentuk informasi yang telah diperlembut dan intinya saja.
Itu tadi beberapa tugas pokok dari staf HRD yang perlu anda ketahui. Tetapi biasanya setiap perusahaan biasanya memiliki perbedaan dalam penugasan dan tanggung jawab Divisi HRD, tetapi tetap pada garis besar yang sama yaitu mengelola sumber daya manusia untuk lebih maju dan dapat bersaing.
saya pengen nanya nih kak, saya kebetulah disuruh sama atasan buat rekrut karyawan baru nih, ada beberapa orang yg ditunjuk salah satunya saya, nah kira-kira skill apa aja yang harus saya kuasai supaya kerjanya lancar? soalnya saya baru pertama kali disuruh jadi hrd gini jadi belum paham
BalasHapusBiasanya akan ada arahan dari atasan terlebih dahulu sebelum menjalankan tugas, untuk skill nya yang penting bisa berkomunikasi dengan baik terutama dengan calon karyawan, paham psikologi dasar, dan tentunya yang paling penting harus konsisten dan tegas dalam mengambil keputusan.
BalasHapus