Cara Install DOTA 2 Steam Ke PC Lain Tanpa Download (Copy - Paste)

Cara Install DOTA 2 (Steam) Di PC Lain Tanpa Download Dengan Copy Paste File - Hampir setiap PC gamer pernah mengalami masalah saat menggunakan PC/Laptop mereka saat sedang bermain game. Contohnya saja tiba-tiba komputer atau laptop yang digunakan terkena virus dan mau tidak mau user tersebut harus melakukan install ulang sistem operasi.

Cara Install DOTA 2 Steam Ke PC Lain Tanpa Download - WandiWeb.com
Cara Install DOTA 2 Steam Ke PC Lain Tanpa Download

Hal ini pasti akan sangat merepotkan apabila kamu belum melakukan backup data sebelumnya, terlebih lagi jika di komputer kamu terinstall game-game original dari Steam. Game yang kita dapatkan dari Steam biasanya terintegrasi dengan aplikasi Steam itu sendiri, sehingga ketika akan melakukan backup, kita akan kesulitan untuk memindahkan data game atau aplikasi yang sudah kita download sebelumnya.

Hal ini tentu saja juga dapat terjadi pada game DOTA 2 yang sudah kamu install sebelumnya. Seperti yang kita ketahui, ukuran total dari file game DOTA 2 lebih dari 10GB, maka tentu saja akan membutuhkan waktu yang lama untuk men-download ulang, terlebih lagi jika kecepatan internet yang kamu miliki kurang dari 1Mbps.

Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini admin WandiWeb akan memberikan sedikit petunjuk bagaimana cara install game dota 2 ke pc lain tanpa harus download ulang, cukup dengan backup - copy - paste file gamenya ke komputer / laptopmu.

Cara Install DOTA 2 Ke PC Lain Tanpa Download


Cara #1 - Backup dan Restore Data Game Dota 2 Langsung di Aplikasi Steam
Sebenarnya Steam sendiri memiliki fitur backup and restore yang memungkinkan kita untuk melakukan backup file game yang sudah kita install sebelumnya jika terjadi hal yang tidak di inginkan. Berikut penjelasannya:
  • Pertama, silahkan buka aplikasi Steam pada komputer atau laptop yang kamu gunakan (pastikan kamu sudah login di akun Steam kamu).
  • Selanjutnya klik pada menu bar Steam pada pojok kiri atas kemudian pilih Backup and Restore Games, kemudian klik Backup Currently Installed Program, lalu klik Next.
  • Kemudian tunggu hingga proses backup file selesai, setelah itu pindahkan file-file tersebut ke direktori lain seperti harddisk atau semacamnya.
  • Kemudian untuk menginstallnya kembali ke komputer lain atau di komputer yang sama, kamu tentunya sudah harus menginstall aplikasi Steam terlebih dahulu, setelah itu login ke akun yang kamu gunakan (membutuhkan koneksi internet).
  • Kemudian untuk menginstall game DOTA 2 tanpa download kamu hanya perlu melakukan restore. Caranya hampir sama dengan cara pertama yang sudah admin WandiWeb jelaskan diatas, kamu hanya perlu masuk ke menu Steam kemudian klik Backup and Restore Games, setelah itu pilih Restore a Previous Backup dan terakhir tinggal cari lokasi file game DOTA 2 yang tadi sudah kamu backup.
  • Terakhir tinggal tunggu hingga proses restore file game selesai.

Cara #2 - Copy dan Paste File Data Game DOTA 2 Langsung
Cara ini sebenarnya hanyalah cara alternatif dan tidak terlalu admin WandiWeb sarankan, karena jika terjadi kesalahan pada proses copy - paste file game, maka akan terjadi error dan ujung-ujungnya kamu tidak akan bisa memainkan gamenya dan terpaksa harus melakukan download ulang dari awal lagi. Berikut penjelasannya:
  • Pertama, silahkan menuju ke direktori instalasi Steam pada komputer atau laptop yang kamu gunakan, biasanya berada pada direktori C:\Program Files\Steam atau C:\Program Files (x86)\Steam.
  • Selanjutnya cari dan buka folder "steamapps".
  • Copy semua file yang ada pada folder tersebut ke disk lain.
  • Kemudian untuk menginstallnya ke PC/Komputer lain cukup copy dan paste lagi file-file tersebut ke direktori "steamapps" yang ada pada komputer tersebut. Tentunya komputer tersebut harus sudah terinstall aplikasi Steam terlebih dahulu.
  • Tunggu hingga proses selesai, dan mainkan gamenya.

Bagaimana menurut kamu? Cukup simple bukan? Jika kamu masih kesulitan atau tidak mengerti dengan apa yang sudah admin REDD jelaskan pada post kali ini, kamu bisa bertanya pada kolom komentar dibawah. Sekian, terimakasih sudah berkunjung di WandiWeb :)

Belum ada Komentar untuk "Cara Install DOTA 2 Steam Ke PC Lain Tanpa Download (Copy - Paste)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel